Mekanisme Dan Cidera Pada Ligamen

ADDSITE01 - Mekanisme Dan Cidera Pada Ligamen | Ligamen merupakan jaringan ikat yang memiliki komponen biomekanik yang unik. Ligamen digambarkan sebagai pita padat jaringan ikat kolagen. Struktur ligamen terdiri atas protein berupa kolagen, protein kolagen tersebut berbentuk panjang, fleksibel dan berbentuk seperti benang atau serat.




Mekanisme Dan Cidera Pada Ligamen

Cidera Pada Ligamen

Karena ligament berperan penting dalam pergerakan sendi, maka ligamen ini juga dapat mengalami cedera. Cedera pada ligament sering disebut dengan terkilir. Terkilir terjadi karena adanya regangan yang melebihi batas normal kemampuan ligament. Saat ligament rusak lebih parah, maka bisa terjadi robek atau pecah. Berikut beberapa macam cedera yang bisa terjadi pada ligament, diantaranya yaitu

Cedera ligament di lutut

Cedera ligamen lutut dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, seperti memutar lutut dengan kaki yang ditahan, memperluas gerakan lutut terlalu jauh, melompat dan mendarat dengan posisi lutut tertekuk, menghentikan secara tiba-tiba saat berjalan dan mengangkat badan dari satu sisi ke sisi lain secara tiba tiba. Terdapat 4 ligamen yang rentan terkena cedera di daerah lutut, diantaranya:

  1. Ligamentum cruriatum anterior
  2. Ligamentum cruriatum posterior
  3. Lateral ligament kolateral
  4. Medial ligament kolateral

Cedera pergelangan kaki

Cedera pergelangan kaki terjadi saat ligament yang mendukung tulang-tulang pergelangan kaki teregang atau terobek. Cedera pergelangan kaki merupakan cedera yang paling sering terjadi pada atlet. Penyebabnya diantaranya kesalahan dalam mendarat saat melompat, berlari di permukaan yang tidak rata dan lain sebagainya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi cedera pergelangan kaki, diantaranya seperti:

  1. Kelemahan otot terutama di sekitar pergelangan kaki
  2. Lemah atau longgarnya ligament yang berada di sendi pergelangan kaki
  3. Fleksibilitas yang buruk
  4. Kurang melakukan pemanasan dan pergangan sebelum berolahraga
  5. Keseimbangan yang buruk

Cedera pergelangan tangan


Cedera ini terjadi karena adanya regangan yang berlebihan pada ligament di sekitar pergelangan tangan. Derajat cedera pada pergelangan tangan bisa dibagi menjadi 3, diantaranya:

  1. Derajat 1: ligament meregang tanpa jelas robekannya
  2. Derajat 2: ligament robek sebagian
  3. Derajat 3: ligament robek total

Mekanisme Kerja Ligamen

Pada dasarnya, prinsip kerja ligament sangat berkaitan dengan tendon. Ligament dan tendon merupakan jaringan pasif yang tidak memiliki kemampuan melakukan kontraksi untuk menghasilkan gerakan. Tendon membantu terjadinya pergerakan sendi dengan cara mentransmisikan tekanan dari otot ke tulang. Dibandingkan dengan otot, tendon memiliki serat yang kaku, memiliki kekuatan tarik yang besar, dan dapat menahan tegangan yang besar. Untuk itu, pada ruang yang pergerakannya terbatas, kerjasama otot ke tulang dilakukan oleh tendon.

Ligament berperan melanjutkan gaya yang ditransmisikan dari otot antara tulang yang satu dengan tulang yang lain, sehingga saat terjadi suatu pergerakan, stabilitas sendi bisa dipertahankan. Tendon dan ligament termasuk kuat dan tidak akan mudah putus. Kerusakan umumnya terjadi di pertemuan dengan tulang.

Sekian artikel pembahasan tentang Mekanisme Dan Cidera Pada Ligamen semoga bermanfaat.

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel