Pengertian Empati Lengkap Dengan Ciri-Ciri Dan Aspek Empati

ADDSITE01 -  Pengertian Empati Lengkap Dengan Ciri-Ciri Dan Aspek EmpatiEmpati adalah respons afektif dan kognitif yang kompleks pada distres emosional orang lain.


Pengertian Empati Lengkap Dengan Ciri-Ciri Dan Aspek Empati

Pengertian empati

Pengertian empati adalah suatu kemampuan seseorang untuk mengenali, mengerti, mempersepsi, serta merasakan perasaan orang lain yang disertai dengan ungkapan dan tindakan dan mengkomunikasikan pemahaman tersebut kepada orang lain.

Definisi empati adalah kemampuan dengan berbagai definisi yang berbeda yang mencakup spektrum yang luas, berkisar pada orang lain yang menciptakan keinginan untuk menolong sesama, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan, mengaburkan garis antara diri dan orang lain.

Istilah empati pada awalnya digunakan oleh para teoritikus estetika untuk pengalaman subjektif orang lain.

Ciri-Ciri Empati

Menurut Goleman (1996), ciri ciri atau karakteristik seseorang memiliki empati diantaranya yaitu:

  1. Mendengarkan pembicaraan orang lain dengan baik, artinya individu mampu memberi perhatian dan menjadi pendengar yang baik dari segala permasalahan yang di ungkapkan orang lain kepadanya.
  2. Peka terhadap perasaan orang lain, artinya individu mampu membaca perasaan orang lain dari isyarat verbal dan non verbal seperti nada bicara, ekspresi wajah, gerak-gerik dan bahasa tubuh lainnya.
  3. Menerima sudut pandang orang lain, artinya individu mampu memandang permasalahan dari titik pandang orang lain sehingga akan menimbulkan toleransi dan kemampuan menerima perbedaan.

Aspek-Aspek Empati

Menurut Asih (2010), aspek-aspek empati diantaranya yaitu:
  1. Kehangatan, yaitu suatu perasaan yang dimiliki seseorang untuk bersikap hangat terhadap orang lain.
  2. Kelembutan, yaitu suatu perasaan yang dimiliki seseorang untuk bersikap maupun bertutur kata lemah lembut terhadap orang lain.
  3. Peduli, yaitu suatu sikap yang dimiliki seseorang untuk memberikan perhatian terhadap sesama maupun lingkungan sekitarnya.
  4. Kasihan, yaitu suatu perasaan yang dimiliki seseorang untuk bersikap iba atau belas asih terhadap orang lain.
Menurut Nashori (2008), ada empat aspek empati diantaranya yaitu:
  1. Perspective taking, yaitu kecenderungan seseorang untuk mengambil sudut pandang orang lain secara spontan. Secara psikologis dan sosial, Perspective Taking penting bagi keharmonisan interaksi antar individu. Perspective taking bisa menurunkan stereotype dan pandangan buruk terhadap kelompok lain secara lebih efektif dibandingkan dengan melakukan penekanan terhadap stereotype.
  2. Fantasy, yait kecenderungan seseorang untuk mengubah diri ke dalam perasaan dan tindakan dari karakter khayalan yang terdapat pada buku, layar kaca, bioskop, maupun dalam permainan. Aspek ini akan melihat kecenderungan individu menempatkan diri dan hanyut dalam perasaan dan tindakan aktor.
  3. Empathic Concern, yaitu orientasi seseorang terhadap orang lain berupa perasaan simpati, kasihan dan peduli terhadap orang lain yang ditimpa kemalangan. Empathic Concern sebagai cermin dari perasaan kehangatan dan simpati, erat kaitannya dengan kepekaan dan kepedulian terhadap orang lain.
  4. Personal distress, yaitu orientasi seseorang terhadap dirinya sendiri yang meliputi perasaan cemas dan gelisah pada situasi interpersonal. Kegelisahan dalam hubungan interpersonal menyebabkan individu melarikan diri dari situasi tersebut untuk mereduksi ketegangan, sehingga seseorang dengan personal distress yang tinggi akan memiliki empati yang rendah.
Sekian artikel pembahasan tentang Pengertian Empati Lengkap Dengan Ciri-Ciri Dan Aspek Empati semoga bermanfaat.

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel